Latest Entries »

Senin, 09 Mei 2011

Mapping Wisata Pesisir Lampung Sebagai Pendukung Strategi Promosi Wisata(Studi Kasus: Menara Sieger, Pantai Mutun dan Teluk Kiluan)



 

  1. PENDAHULUAN
Tujuan Utama Promosi dari promosi pariwisata adalah memberikan pengetahuan kepada calon pengunjung mengenai produk-produk wisata di Lampung. Dengan Demikian maka aspek kognisi dari si calon pengunjung akan terpenuhi. Guna mencapai tujuan akhir dari promosi maka dua tahap dari persepsi harus dipenuhi yaitu aspek afektif dan aspek konansi. Bila keduanya sudah terpenuhi maka untuk berangkat pergi ke Lampung hanya tinggal memenuhi faktor lain seperti daya beli, ketersediaan transportasi dan akomodasi di Lampung. Sebagian besar langkah untuk mendatangkan wisatawan ke Lampung seyogyanya pemerintah Provinsi, Kota, seta Kabupaten menggarap promosi ini dengan serius. Perlu disadari bahwa banyak tujuan wisata di dunia yang dalam hal keindahan maupun keunikan tingkatannya jauh di bawah Lampung, namun kalau dibandingkan dari sisi pengunjungnya tujuan wisata lain pengunjungnya relatif lebih banyak dan lebih rutin. Salah satu kuncinya di tujuan di tempat tujuan lain adalah penggarapa aspek promosi yang luar biasa lebih baik berkualitas disamping juga pengelolaan pada infrastruktur dan majemen destinasinya, rekomendasi berupa strategi promosi sebagai suatu persyaratan untuk memenuhi kualifikasi yang baik. Sebagai provinsi yang memiliki berbagai atraksi wisata baik yang berasal dari potensi alam maupun budaya, seharusnya pemerintah provinsi lampung mempunyai kepercayaan tinggi untuk melakukan dua hal penting yaitu melakuakan investasi di bidang investasi di sektor pariwisata dan sektor promosi. Secara bisnis dua hal ini merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan. Apa gunanya mempromosikan sesuatu yang tak layak jual, dan apa gunanya memproduksi sesuatu yang tidak dipromosikan Tentu tanpa promosi tidak dapat diharapkan akan terjadi transaksi. Dalam hal pariwisata tanpa mengenalkan kepada calon pengunjung maka tak mungkin akan datang orang sadar untuk berkunjung. Untuk mencapai tujuan ini maka ada beberapa hal yang harus dipenuhi:

  1. Langkah pertama adalah pendeskripsian mengenai wisata yang di dalamnya terdapat deskripsi keunggulan dan seharusnya ada proses mapping
  2. Analisis pasar yang meliputi karakteristik perilaku dan atau kecenderungan perilaku dari calon pengunjung atau pengunjung yang pernah melakukan perjalanan ke Provinsi Lampung.
  3. Menetapkan scenario desain promosi yang meliputi target-target yang akan dicapai. Langkah-langkah yang harus ditempuh, persyaratan dan kebutuhan yang harus dipenuhi guna mengimplementasikan langkah-langkah tersebut, merancang ukuran keberhasilan dan kegagalan serta merancang mekanisme pengawasan serta evaluasi dan perbaikan mekanisme.
  1. MAPPING WISATA PESISIR LAMPUNG SEBAGAI PENDUKUNG STRATEGI PROMOSI WISATA
    Gambar Lokasi WIsata Pesisir Lampung

    Dari gambar diatas dapat kita lihat lokasi menara siger ada di kabupaten Lampung Selatan , Pantai Mutun ada di Kabupaten Pesawaran dan Teluk Kiluan ada di Kabupaten Tanggamus. Masing- masing lokasi wisata mempunyai keunuikan kenindahan yang berbeda beda. Dan aksesibiltas dalam mencapainya pun berbeda.

    Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada penjelasan berikut ini:

    1. Menara Siger
       
Gambar Menara Siger

Menara Siger adalah menara yang juga menjadi titik nol Sumatra di selatan. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. dalam peresmian Menara Siger, 30 April 2008, menyatakan optimistis Menara Siger akan mendorong kemajuan Lampung. Peresmian ini ditandai dengan penekanan sirine, penandatanganan prasasti, serta penglepasan merpati bersama puluhan duta besar. Dengan iringan lagu Mars Lampung oleh Korps Musik (Korsik) Pemprov Lampung, Ny. Truly Sjachroedin menggunting rangkaian melati di pintu masuk bangunan menara enam lantai tersebut. Gubernur memasuki menara bersama duta besar Kroatia, Sri Lanka, Jepang, Palestina, Afghanistan, Singapura, Filipina, keluarga Sultan Banten dan Sultan Kanoman Cirebon. Peresmian ini juga diwarnai pembukaan stan seluruh kabupaten/kota.
Gubernur yakin Menara Siger akan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) hingga 15%. Angka itu berdasarkan perkiraan jumlah kendaraan 3.500 unit per hari dan 15 juta orang per tahun yang melintasi Pelabuhan Bakauheni. Dengan asumsi 15 persen saja singgah ke Menara Siger, maka setiap tahun akan menghasilkan pendapatan Rp12,5 miliar.
Pendirian Menara Siger mengawali pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) —penghubung Bakauheni—Merak. Menara Siger terbangun di atas bukit sebelah barat Pelabuhan Bakauheni. Bangunan tersebut dilengkapi dengan sarana informasi mengenai peta wisata seluruh kabupaten/kota se-Lampung. Menurut Sjachroedin, Menara Siger bukan monumen masa lalu, tetapi bangunan masa depan yang akan jadi fenomena masyarakat Lampung.
Posisi strategis Pelabuhan Bakauheni sebagai pintu gerbang Sumatera diibaratkan sebagai mulut naga yang memuntahkan kurang lebih 80 ribu ton hasil-hasil pertanian per hari. Dengan penggunaan teknik ferrocement, Menara Siger dijamin mampu menahan terpaan angin kencang. Bangunan ini merupakan karya arsitek asli Lampung, Ir. Hi. Anshori Djausal M.T.
Gambar Lokasi Strategis Menara Siger sebagai Pintu Gerbang Sumatera

Teknik ferrocement merupakan pengembangan tim arsitek Menara Siger, dengan menggunakan jaring kawat menyerupai jaring laba-laba. Pengerjaan lambang siger dan beberapa ornamen tidak menggunakan cor-coran, namun bagian per bagian dengan tangan. Dengan metode ini, setiap inci bangunan tahan guncangan dan terpaan angin laut.
Menara Siger kebanggaan masyarakat Lampung tersebut berada di atas bukit dengan ketinggian 110 meter di atas permukaan laut. Pembangunan menara sejak tahun 2005 menghabiskan biaya Rp15 miliar. Menara Siger adalah simbol Lampung. Ia bukan hanya menjadi ikon pariwisata, tetapi dapat menjadi ikon dalam segala hal: keagamaan, seni dan budaya, pendidikan.

  1. Pantai Mutun

Lampung memiliki banyak tujuan wisata dimana salah satunya tempat potensiala untuk menjaring banyak wisatawan, salah satunya adalah pantai mutun yang terletak tidak jauh dari Kota Bandar Lampung hanya dibutuhkan waktu 50-80 menit untuk mencapainya, jalan yang dilewati juga terbilang mulus, dan pemandangan sepanjang perjalanan menuju pantai mutun juga sayang untuk dilewatkan keindahan sawah, pepohonan hijau dan pegunungan yang dapat kita nikmati sepanjang perjalanan. Tapi sayangnya akses jalan yang masuk ke pantai mutun jalan berbatu dan berdebu,

Jika ingin menikmati pantai dan laut yang jauh lebih bersih dari pantai mutun kita bisa menyebtrang ke pulau kecil yang disebut Pulau Tangkil. Untuk menyebrang bisa menggunakan perahu motor dengan tarif Rp.5000,00 per orang dan akan diantar pulang pergi. Suasana di pulau tangkil ini lebih bagus pantai lebih bersih dan tidak seramai pantai mutun. Sehingga kita lebih nyaman untuk sekedar berjalan dan berenang mengelilingi pantai di pulau.
Gambar Lokasi Pantai Mutun

  Teluk Kiluan

  1. Kurang lebih membutuhkan waktu enam jam lamanya dengan jarak kurang lebih 80 km dari Kota Bandar Lampung dan hanya bisa dilalui denga jalur darat. Merupakan perjuangan yang keras untuk sampai ke lokasi ini karena tidak semua jalannya berupa aspal. Lokasi ini jika dari Bakaehuni bisa mengikuti jalur lintas timur Sumatra sampai di arah pelabuhan panjang kemudian ambil jalur pelabuhan panjang terus kea rah lempasing. Teluk kiluan terdapat alam yang sangat indah terdapat legenda Raden Mas Aryu yang meninggalkan didalam pertempuran negeri Kalumbayan dan dikebumikan ditengan pulau yang ditunjukkan (dalam bahasa Lampung "kiluan" arti permintaan) yang memiliki pesona alam pantai pasir putih yang terbentang di sepanjang pantai Teluk Kiluan.

    Gambar Pulau Kiluan
Untuk Mendapatkan atraksi alam yang tiada duanya di dunia yaitu parade ikan lumba-lumba dipagi hari sambil menyaksikan matahari terbit. Bisa diakses dengan perahu kecil, selain itu juga terdapat spot-spot untuk menyelam. Karena kekayaan keanekaragaman spesias ikan hias, menjadi surge bagi para pemancing. Potensi teluk kiluan sungguh tiada duanya dan istimewa untuk dikunjungi


Gambar Pantai Pasir Putih Teluk Kiluan

Minimnya fasilitas serta sarana penunjang mengurangi nilai mutu dari objek wisata ini, padahal jika dikelola dan dikembangkan dengan baik akan menjadi objek wisata andalan di provinsi Lampung.

Gambar Lokasi Teluk Kilaun
Potensi ekowisata diteluk kiluan dikelola oleh komunitas warga sekitar dengan nama cikal yang merupakan organisasi pemuda disana. Pemerintah seharusanya lebih memperharikan sebagai bentuk dukungan dalam rangka pengembangan wisata teluk kiluan
  1. KESIMPULAN
    Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan setelah semua ketiga langkah ditempuh maka harus mesiapkan strategi promosi dan implementasi tujuan-tujuan yang akan dicapapai. Target-target dalam promosi antara lain:

    1. Destination di Provinsi Lampung yang dikenal oleh para wholesaler(tour operator)
    2. Meningkat minat para wholesaler untuk menjual lampung
    3. Membuat materi promosi yang fastest dan sound synergic
    4. Menjangkau seluas-luasnya calon pengunjung potensial.
    5. Prinsip promosi yang kreatif inovatif dan estetika.
    6. Membangun kerjasama yang operasional antara Lampung-Banten, Lampung-DKI, dan Lampung- Palembang,

0 comments:

share page

Bookmark and Share

translete this page

Cari Blog Ini

Memuat...
Ada kesalahan di dalam gadget ini